🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Begini Ciri-ciri dan Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Stress

Masalah ikan mas koki stress sudah sangat umum dialami para pecinta ikan hias apalagi buat mereka yang masih awam. Mungkin beberapa diantara mereka yang memelihara mas koki kurang memperhatikan kondisi ikan yang sedang stress. Padahal jika dibiarkan terlalu lama kondisi ini dapat membuat ikan mati. Umumnya ikan yang stress disebabkan oleh banyak faktor mulai dari kualitas air, populasi ikan didalam aquarium hingga pemberian pakan yang berlebihan.

Mungkin kebanyakan orang mengira bahwa stress hanya dialami oleh manusia aja. Namun kenyataannya tidak, hewan pun juga bisa mengalami yang namanya stress akibat adanya berbagai macam faktor termasuk perubahan di lingkungannya. Seperti halnya ikan mas koki stress yang disebabkan oleh kegagalan beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Stress pada ikan dapat menimbulkan kematian karena penurunan nafsu makan yang membuat metabolisme memburuk.

Ciri-ciri dan Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Stress

Jika kamu masih awam dalam memelihara ikan mas koki, sebaiknya kamu belajar dan mencari tahu seperti apa sih gejala ikan mas koki stress tersebut. Karena pada dasarnya mencegah akan lebih baik daripada mengobati. Begitu juga ikan, sebelum terlanjur stress sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu seperti apa ciri-cirinya.

Ciri-ciri Ikan Mas Koki Stress

Setiap ikan yang tidak sehat pasti memiliki gejala tertentu yang bisa kita gunakan untuk mengidentifikasi serta memberikan penanganan lanjutan agar tidak menjadi tambah parah. Ikan yang stress umumnya dapat dikenali dari perubahan tingkah lakunya. Begitu pula dengan ikan mas koki yang stress dapat kamu kenali dengan ciri-ciri umum seperti berikut ini.

  • Ikan mas koki stress cenderung lebih pasif dan tidak banyak pergerakan seperti biasanya.
  • Ikan mas koki lebih suka berdiam diri di pojokan aquarium atau sudut lain dalam kurun waktu yang cukup lama.
  • Ketika diberi makan, maka ikan tidak tertarik memakannya dan tidak berenang menghampiri sumber makanan yang kita berikan.
  • (Dorsal fin) sirip atas dan bawah lebih sering menguncup dan hanya terbuka sesekali saja.
  • Gaya renang ikan yang mulai oleng dan tidak beraturan. Kadang melakukan gerakan cepat dan tiba-tiba seperti orang kaget tanpa sebab.
  • Munculnya garis-garis merah pada ekor ikan mas koki yang merupakan pembuluh darah pada urat-urat syaraf di pangkal ekor ikan.

Cara Meyembuhkan Ikan Mas Koki Stress Dengan Karantina

Apabila berbagai ciri tersebut kamu dapati pada ikan kesayanganmu, maka segeralah melakukan langkah antisipasi. Salah satu caranya adalah dengan melakukan karantina terhadap ikan mas koki yang stress dengan obat tertentu yang dapat membuat ikan menjadi lebih relax dan tenang. Bagaimana caranya melakukan karantina untuk menyembuhkan ikan mas koki yang stress? Simak penjelasannya berikut ini.

Sediakan 4 Liter Air Bersih

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menyembuhkan ikan mas koki stress adalah menyediakan air bersih. Tidak sekedar bersih namun juga berkualitas dalam artian netral baik dari segi Ph maupun zat-zat lain. Kualitas air yang baik akan membuat ikan lebih nyaman tanpa harus melakukan adaptasi ulang yang justru membuatnya tambah stress. Jadi berhati-hatilah dalam memilih air.

Apabila kamu menggunakan air sumur, silahkan beri aerator yang kencang kurang lebih 1 jam. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan kadar oksigen yang terlarut dalam air serta menyetabilkan suhu air dengan suhu udara. Cara ini kan meningkatkan kualitas air menjadi lebih baik untuk ikan mas koki yang stress.

Nah jika kamu memakai air dari PDAM, maka kamu harus mengendapkannya selama kurang lebih 24 jam. Kenapa harus begitu? Karena cara ini digunakan untuk menghilangkan kaporit yang terkandung dalam air agar tidak menjadi racun untuk ikan.

Tuangkan Garam Ikan

Apabila kamu sudah menyiapkan air sebanyak 4 liter, maka segera tuangkan garam ikan sebanyak satu sendok makan penuh. Ingat, yang kita gunakan disini adalah garam murni khusus ikan, bukan garam dapur karena sudah tercampur dengan zat lain seperti yodium dan lain-lain.  Taburkan garam ikan kedalam air yang masih diberi aerator hingga garam tersebut larut semuanya. Jika perlu, aduklah air tersebut supaya kristal garam cepat larut dalam air.

Berikan Obat Elbayou

Salah satu obat yang ampuh untuk menyembuhkan ikan mas koki stress adalah elbayou. Obat ini cukup populer dikalangan hobbies ikan mas koki untuk penanganan ikan ketika masuk ke lingkungan yang baru. Harganya juga cukup tejangkau, satu sachet obat elbayou bisa kamu beli dengan harga 15-20 ribuan saja. Jika sudah punya, silahkan tuangkan obat elbayou bubuk secukupnya hingga air berwarna kekuningan lalu aduk hingga rata.

Gunakan Heater Jika Ada

Apa itu heater? Adalah salah satu alat aquarium yang berfungsi untuk menghangatkan air dalam suhu tertentu sesuai pengaturan yang kita gunakan. Untuk penyembuhan ikan mas koki stress, biasanya suhu diatur pada kisaran 29-31 derajad celcius. Ketika suhu air lebih stabil maka ikan akan sehat dan pulih lebih cepat. Selain itu, air yang cukup hangat juga dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh ikan sehingga lebih kuat.

Baca Juga:

  1. Ini Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Terkena Parasit atau Kutu
  2. Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Diam Saja dan Tidak Mau Makan
  3. Warna Ikan Mas Koki Pudar di Akuarium? Ini Penyebab dan Solusinya

Masukkan Ikan Pada Wadah

Langkah selanjutnya, masukkan ikan mas koki yang sedang stress tersebut kedalam wadah berisi air bersih yang sudah diberi larutan garam dan obat elbayou tadi. Ketika akan memasukkan ikan, yang perlu kamu ingat adalah semua larutan tadi harus sudah benar-benar tercampur rata semuanya terlebih dahulu. Jika sudah tercampur rata, maka kamu sudah bisa memasukkan ikan mas koki stress kedalam wadah.

Karantina Selama 24 Jam

Terakhir, biarkan ikan mas koki stress tersebut didalam wadah karantina selama kurang lebih 24 jam. Selama masa karantina, kamu dianjurkan untuk tidak memberikan pakan apapun alias ikan harus puasa. Selain suhu yang cukup hangat, puasa juga bisa membantu ikan dalam meningkatkan metabolisme tubuh serta menjaga nafsu makan.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai ciri-ciri dan cara mengatasi ikan mas koki stress agar bisa pulih kembali. Apabila kamu sudah melakukan langkah diatas, setelah 24 jam kemudian amati perilaku ikan apakah sudah sehat atau belum. Ciri ikan yang sehat adalah aktif bergerak, hilangnya garis merah pada ekor dan tentunya nafsu makan kembali normal. Jika sudah sehat seperti itu, maka ikan sudah bisa kamu masukkan ke aquarium utama bersama ikan lainnya.

Mau donasi lewat mana?

BCA - Rizky Kharisma Negari (0097107746)

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
What to say about myself, I don't know. I am a simple guy since childhood, wanting to learn new things and implement new ideas. Never worry about what I don't have. What I have is the best thing.

Post a Comment

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😥😪😭😱🤭😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❤🤦‍♂️❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode


  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kakak pakai plugin pemblokir iklan ya? Tolong kecualikan website ini dalam pemblokiran ya. Karena kami butuh penghasilan dari iklan untuk terus mengelola website ini agar bisa update artikel bermanfaat. Makasih ya 😊
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.