Selamat Malam sahabat rizky blog , berjumpa lagi di blog yang sama dalam kesempatan kali ini admin akan membagikan 8 Tips Saat Menggunakan P...
Daftar Isi [Tampil]
    Android Studio adalah lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) Google tempat Anda dapat dengan mudah mengerjakan pengembangan aplikasi Android

    Selamat Malam sahabat rizky blog, berjumpa lagi di blog yang sama dalam kesempatan kali ini admin akan membagikan 8 Tips Saat Menggunakan Platfrom Android Studio.

    Android Studio adalah lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) Google tempat Anda dapat dengan mudah mengerjakan pengembangan aplikasi Android. Ini adalah IDE gratis yang memberi Anda peluang tanpa batas untuk membuat aplikasi yang kaya, efisien, dan menarik untuk ponsel cerdas, tablet, dan banyak lagi.

    Android Studio cepat dan mudah digunakan, serta menyediakan beragam fungsi yang luar biasa. Jika Anda seorang pengembang Android maka Anda mungkin sudah menggunakan Android Studio, namun Anda mungkin melewatkan beberapa fitur terbaiknya.

    8 tips dan trik ini akan membantu Anda membangun solusi terbaik menggunakan antarmuka pengguna Android Studio yang kaya, tanpa kerumitan yang mungkin Anda kaitkan dengan IDE lain.

    Gunakan Pencarian Fitur Bawaan

    Salah satu hal yang membuat Android Studio begitu fantastis untuk digunakan adalah kenyataan bahwa ia menawarkan segala macam fungsi tanpa membuat antarmuka pengguna terlalu padat. Saat Anda mulai terbiasa bekerja di IDE, Anda mungkin menemukan diri Anda tersandung pada semua menu berbeda untuk menemukan fitur yang Anda cari.

    Anda mungkin sering menemukan bahwa hal ini terjadi jika Anda tidak pandai mengingat di mana Anda menemukan fitur tertentu sebelumnya. Untungnya, Android Studio memiliki opsi pencarian fitur yang cepat. Cukup masukkan Ctrl + Shift + A, atau Cmd + Shift + A jika Anda menggunakan Mac, dan sapa kotak pencarian yang memungkinkan Anda menemukan fitur yang Anda perlukan dengan cepat. Sederhana!

    Bekerja Lebih Cepat Dengan Penyelesaian Kode Postfix

    Anda dapat mempercepat laju pekerjaan Anda secara signifikan dengan menggunakan penyelesaian kode postfix, serta fitur Live Templates yang praktis di Android Studio. Ini akan mengurangi jumlah pengetikan yang Anda lakukan sekaligus memungkinkan Anda mengumpulkan sejumlah besar kode dengan cepat. Dengan penyelesaian kode postfix, Anda dapat mengubah ekspresi yang sudah Anda ketik menjadi ekspresi lain.

    Dengan membuka CTRL-J, atau CMD-J jika Anda menggunakan Mac, Anda dapat melihat semua kemungkinan postfix untuk konteks tertentu. Anda juga dapat menggunakan Android Live Templates untuk memanfaatkan pintasan yang akan memasukkan template yang sudah diperbaiki ke dalam kode yang Anda tulis.

    Masuk ke Mode Bebas Gangguan

    Satu-satunya kelemahan dari kayanya fitur dan antarmuka pengguna yang bermanfaat di Android Studio? Ya, kadang-kadang terlalu mudah untuk mengalihkan perhatian dan mulai bermain-main alih-alih bekerja keras. Jika Anda merasa kewalahan, cukup masuk ke View > Enter Distraction Free Mode untuk mengirim Anda ke editor layar penuh dan benar-benar fokus pada kode Anda, dan hanya pada kode Anda.

    Pencarian dan Penggantian Struktural

    Anda dapat menemukan dan mengganti pola kode tanpa menggunakan ekspresi reguler dengan memanfaatkan pencarian dan penggantian struktural. Dengan mengaktifkan Inspeksi Pencarian Struktural, Anda dapat menyimpan template pencarian struktural yang akan menampilkan kode yang cocok dengan peringatan pola.

    Anda dapat menggunakan ini untuk menandai anti-pola dalam kode yang sedang Anda kerjakan. Selain itu, Anda dapat menyusun Templat Penggantian Struktural sehingga pola yang ditandai sebagai peringatan akan disertai dengan kode pengganti yang dapat Anda terapkan dengan mudah. Ini memberi Anda semacam perbaikan cepat yang akan menyederhanakan proses pengkodean dan peninjauan kode Anda.

    Mempercepat Dengan Bekerja Offline

    Jika ingin membuat Android Studio berjalan lebih cepat, Anda dapat bekerja secara offline. Anda hanya perlu mengaktifkan mode kerja offline terlebih dahulu dengan membuka File > Pengaturan > Gradle dan mencentang ‘Pekerjaan offline’ di bawah pengaturan Global Gradle. Kembali ke File > Pengaturan > Kompiler dan ketik -offline ke dalam kotak opsi baris perintah. Mulai ulang Android Studio dan begitu saja, Anda bekerja offline dan mempercepat ruang kerja.

    Bekerja Lebih Cepat dengan Layar Terpisah

    Saat ini, bekerja dalam layar terpisah merupakan hal yang trendi, namun pengembang yang baik juga menyadari bahwa layar terpisah juga bisa menjadi lebih efisien. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi Anda dapat bekerja di layar terpisah di Android Studio. Klik kanan pada layar utama dan pilih Split Vertically/Horizontally untuk mendapatkan layar terpisah yang Anda butuhkan. Anda juga dapat membuka Preferensi > Peta Kunci untuk menjadikan penyaringan terpisah sebagai pintasan keyboard yang praktis.

    Manfaatkan Plugin Android Studio

    Ada banyak plugin Android Studio yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan fungsionalitas dan efisiensi aplikasi Android Anda. Misalnya, Anda dapat menambahkan:

    1. Ide ADB: Plugin ADB Idea mengotomatiskan perintah adb sehingga Anda dapat menghapus data aplikasi, memulai ulang, dan melakukan sejumlah hal berbeda pada aplikasi Anda seperti mematikannya, memulai dan memulai ulang, menghapus instalasi, dan menghapusnya.
    2. Generator Ikon Desain Material Android: Plugin ini memungkinkan Anda dengan mudah menyusun ukuran, warna, dan resolusi yang tepat untuk ikon apa pun yang ingin Anda masukkan ke aplikasi Anda.
    3. ButterKnifeZelezny: Plugin praktis ini memungkinkan Anda menggunakan pembuatan satu klik untuk injeksi tampilan Butterknife.
    4. KeyPromoter: Plugin kecil yang lucu ini mendorong Anda untuk menggunakan pintasan keyboard setiap kali menggunakan mouse di Android Studio, sehingga membuat Anda bekerja lebih cepat dan efisien.

    Lihat Panduan Produktivitas

    Anda dapat mengetahui banyak tip dan trik Anda sendiri menggunakan Panduan Produktivitas Android Studio. Cukup buka Bantuan > Panduan Produktivitas dan Anda akan memiliki akses ke berbagai fungsi baru. Ini akan membuat Anda menemukan sejumlah besar fitur yang mungkin belum Anda ketahui sehingga Anda dapat dengan mudah menambahkan fungsionalitas tambahan dan menyederhanakan proses pengembangan aplikasi Anda.

    Ini juga akan menunjukkan kepada Anda seluruh statistik penggunaan sehingga Anda dapat mengetahui seberapa efisien Anda menggunakan Android Studio. Gabungkan Panduan Produk Android Studio dengan plugin KeyPromoter untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi Anda secara total.

    Kesimpulan

    Android Studio IDE cukup mudah untuk dipahami, namun 8 tips menggunakan Android Studio ini akan membawa pengembangan aplikasi Anda ke tingkat berikutnya. Mereka akan memberi Anda akses ke seluruh dunia peluang baru untuk membuat pengembangan aplikasi Android Anda lebih cepat, lancar, dan menyenangkan. Jadi tunggu apa lagi?

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat ya sahabat.

    Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “8 Tips Saat Menggunakan Platfrom Android Studio” ini bermanfaat, Dibantu SHARE kepada teman-teman yang lain.

    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat Kang Rizky, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    BCA : 0097107746
    Dana : 0859106622156
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done
    Web Portofolio Murah
    Web Portofolio Murah

    Hanya hari ini harga web portofolio cuma 100.000!.