🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Cara Menginstal WordPress Dengan Mudah

Masrizky.biz.id – Menginstal WordPress sangat mudah dan membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk menyelesaikannya. Ia terkenal karena kemudahan instalasinya. Semua Penyedia web hosting mengizinkan instalasi WordPress dalam beberapa Clik saja. Ada beberapa metode berbeda untuk menginstal WordPress pada suatu sistem.

Metode untuk menginstal WordPress

Menginstal WordPress sangat mudah dan membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk menyelesaikannya. Ia terkenal karena kemudahan instalasinya

Menggunakan cPanel

Ini adalah cara tercepat dan termudah untuk menginstal WordPress di sistem Anda menggunakan perangkat lunak cPanel. Alat paling umum yang tersedia untuk menginstal WordPress secara otomatis adalah Softaculous, SimpleScripts, Fantastico, dan De Luxe. Semua web host mengizinkan instalasi sekali klik melalui alat ini.

Anda hanya perlu memilih satu host WordPress dan menggunakan skrip instalasi di cPanel. Anda akan mendapatkan detail login dan link URL cPanel melalui email setelah mendaftar untuk paket hosting.

Menggunakan MS Webmatrix

Ada program perangkat lunak gratis bernama Microsoft Webmatrix yang memungkinkan instalasi WordPress di sistem lokal. Namun instalasi ini hanya untuk pengguna Microsoft.

Perangkat lunak ini membuat server lokal, database, dan semua hal lain yang diperlukan untuk instalasi WordPress pada sistem itu sendiri dan karenanya, tidak memerlukan server langsung.

Setelah instalasi melalui metode ini Anda dapat dengan mudah beralih ke server web langsung setelah memilih host web.

Di server lokal

Untuk menginstal WordPress di server lokal Anda dapat menggunakan software seperti XAMPP, WAMP dan MAMP (untuk pengguna Mac). Perangkat lunak ini memberi Anda server umumnya Apache, database MySQL di PhpMyAdmin yang diperlukan untuk instalasi.

Di sini, Anda hanya perlu membuat database WordPress menggunakan PhpMyAdmin dan mengedit file konfigurasi wp.

Secara manual menggunakan cPanel atau FTP

Secara manual WordPress dapat diinstal menggunakan cPanel atau FTP. Ini membuat database baru untuk menghubungkan file dan database Anda dengan mengunggah file WordPress ke direktori root di server web Anda.

Proses ini melibatkan sedikit pengetahuan teknis dan karenanya tidak disarankan untuk tingkat pemula.

Prasyarat sebelum menginstal WordPress

Sebelum menginstal WordPress Anda perlu memastikan ketersediaan hal-hal tertentu.

Mereka adalah sebagai berikut:

  • Mengunduh WordPress versi terbaru
  • Akun hosting perusahaan web hosting yang bagus dengan akses FTP
  • akses cPanel
  • Database standar seperti MySQL

Menginstal WordPess di server lokal

WordPress juga dapat diinstal melalui server lokal seperti XAMPP, WAMPP, dan lain-lain. Kami berasumsi bahwa sistem Anda sudah menginstal server lokal.

Kami telah menginstal server XAMPP di sistem kami. Sekarang, kita akan melihat instalasi WordPress.

Membuat Basis Data

Buka phpmyadmin dari panel kontrol server XAMPP.

Di sini, pada bagian atas Sahabat juga dapat melihat opsi Databasenya. lalu Pilih itu.
Menginstal WordPress sangat mudah dan membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk menyelesaikannya. Ia terkenal karena kemudahan instalasinya

Lihatlah snapshot di atas, klik pada Databases di atas untuk membuat database. Anda akan diarahkan ke jendela berikutnya.
Menginstal WordPress sangat mudah dan membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk menyelesaikannya. Ia terkenal karena kemudahan instalasinya

Lihat cuplikan di atas, Anda harus membuat database untuk terhubung dengan WordPress Anda. Anda bisa menamainya apa saja. Di sini, kami menamakannya sebagai wordpress. Tulis nama database dan klik Buat.

Unduh dan Instal WordPress

Yang Pertama, Sahabat harus mengunduh terlebihdahulu WordPress versi terbarunya dari website resminya WordPress www.wordpress.org di sistem Anda.

WordPress akan diunduh dalam format zip. Folder zip WordPress ini harus ditempatkan di folder XAMPP C:/xampp/htdocs

Setelah itu Anda Juga Buka zip folder WordPress disini dan beri nama sesuka anda yang penting mudah diingat. Di sini, kami menamakannya sebagai wordpress.
Menginstal WordPress sangat mudah dan membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk menyelesaikannya. Ia terkenal karena kemudahan instalasinya

Buka folder wordpress yang dibuat. Di dalam folder tersebut, cari file file wp-config-sample.php dan ganti namanya menjadi file wp-config.php. Gulir ke bawah file hingga baris nomor 23 seperti yang ditunjukkan pada cuplikan di bawah ini.

Baris-baris ini menentukan kredensial login untuk database Anda.
  • Ganti “database_name_here” dengan nama database Anda. Dalam kasus kami ini adalah “wordpress”.
  • Ganti “nama pengguna _di sini” dengan “root” Anda.
  • Bidang “password_here” akan tetap kosong.
  • Simpan dan tutup file.
Sekarang, buka browser Anda dan buka http://localhost/wordpress/

Di sini, wordpress adalah nama folder dari file WordPress yang belum di-zip.

Lihat cuplikan di atas, pilih bahasa Anda dan klik tombol Lanjutkan.

Anda akan diarahkan ke halaman berikut.

Lihat cuplikan di atas, Anda harus mengisi semua detail pada kolom di atas lalu klik tombol Instal.

Itu saja, Anda telah menginstal WordPress.

Jika semua prosesi di atas sudah a nda lakukan dengan benar sesuai tutorial diatas maka Sahabat sudah dikatakan berhasil kemudian silahkan login di WordPress seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Semoga bermanfaat Terimakasih


Mau donasi lewat mana?

BCA - Rizky Kharisma Negari (0097107746)

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
What to say about myself, I don't know. I am a simple guy since childhood, wanting to learn new things and implement new ideas. Never worry about what I don't have. What I have is the best thing.

Post a Comment

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😥😪😭😱🤭😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❤🤦‍♂️❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode


  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kakak pakai plugin pemblokir iklan ya? Tolong kecualikan website ini dalam pemblokiran ya. Karena kami butuh penghasilan dari iklan untuk terus mengelola website ini agar bisa update artikel bermanfaat. Makasih ya 😊
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.