🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Cloud Computing kami dirancang untuk pemula dan profesional

Komputasi awan adalah teknologi berbasis virtualisasi yang memungkinkan kita membuat, mengkonfigurasi, dan menyesuaikan aplikasi melalui koneksi

Masrizky.biz.id – Komputasi awan adalah teknologi berbasis virtualisasi yang memungkinkan kita membuat, mengkonfigurasi, dan menyesuaikan aplikasi melalui koneksi internet. Teknologi cloud mencakup platform pengembangan, hard disk, aplikasi perangkat lunak, dan database.

Apa itu Komputasi Awan

Istilah cloud mengacu pada jaringan atau internet. Ini adalah teknologi yang menggunakan server jarak jauh di internet untuk menyimpan, mengelola, dan mengakses data online, bukan drive lokal. Datanya bisa berupa apa saja seperti file, gambar, dokumen, audio, video, dan lainnya.

Ada operasi berikut yang dapat kita lakukan dengan menggunakan cloud computing:

  • Mengembangkan aplikasi dan layanan baru
  • Penyimpanan, pencadangan, dan pemulihan data
  • Hosting blog dan situs web
  • Pengiriman perangkat lunak sesuai permintaan
  • Analisis data
  • Streaming video dan audio

Mengapa Cloud Computing?

Perusahaan IT kecil maupun besar, mengikuti metode tradisional dalam menyediakan infrastruktur TI. Artinya bagi setiap perusahaan IT, kita memerlukan Server Room yang merupakan kebutuhan dasar perusahaan IT.

Di ruang server itu, harus ada server database, server mail, jaringan, firewall, router, modem, switch, QPS (Query Per Second berarti berapa banyak query atau beban yang akan ditangani oleh server), sistem yang dapat dikonfigurasi, kecepatan bersih yang tinggi , dan teknisi pemeliharaan.

Untuk membangun infrastruktur TI seperti itu, kita perlu mengeluarkan banyak uang. Untuk mengatasi semua masalah ini dan mengurangi biaya infrastruktur TI, Cloud Computing hadir.

Karakteristik Komputasi Awan

Komputasi awan adalah teknologi berbasis virtualisasi yang memungkinkan kita membuat, mengkonfigurasi, dan menyesuaikan aplikasi melalui koneksi

Karakteristik komputasi awan diberikan di bawah ini:

1) Ketangkasan

Cloud bekerja dalam lingkungan komputasi terdistribusi. Ini berbagi sumber daya antar pengguna dan bekerja sangat cepat.

2) Ketersediaan dan keandalan yang tinggi

Ketersediaan server tinggi dan lebih dapat diandalkan karena kemungkinan kegagalan infrastruktur sangat kecil.

3) Skalabilitas Tinggi

Cloud menawarkan penyediaan sumber daya “sesuai permintaan” dalam skala besar, tanpa memerlukan insinyur untuk beban puncak.

4) Multi-Berbagi

Dengan bantuan komputasi awan, banyak pengguna dan aplikasi dapat bekerja lebih efisien dengan pengurangan biaya dengan berbagi infrastruktur umum.

5) Kemandirian Perangkat dan Lokasi

Komputasi awan memungkinkan pengguna untuk mengakses sistem menggunakan browser web terlepas dari lokasi mereka atau perangkat apa yang mereka gunakan, misalnya. PC, ponsel, dll. Karena infrastruktur berada di luar lokasi (biasanya disediakan oleh pihak ketiga) dan diakses melalui Internet, pengguna dapat terhubung dari mana saja.

6) Pemeliharaan

Pemeliharaan aplikasi cloud computing lebih mudah karena tidak perlu diinstal di setiap komputer pengguna dan dapat diakses dari tempat berbeda. Jadi, ini juga mengurangi biaya.

7) Biaya Rendah

Dengan menggunakan cloud computing, biaya akan berkurang karena untuk menggunakan layanan cloud computing, perusahaan IT tidak perlu mengatur infrastruktur sendiri dan membayar sesuai penggunaan sumber daya.

8) Layanan dalam mode bayar per penggunaan

Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) disediakan kepada pengguna sehingga mereka dapat mengakses layanan di cloud dengan menggunakan API ini dan membayar biaya sesuai penggunaan layanan.

Mau donasi lewat mana?

BCA - Rizky Kharisma Negari (0097107746)

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
What to say about myself, I don't know. I am a simple guy since childhood, wanting to learn new things and implement new ideas. Never worry about what I don't have. What I have is the best thing.

Post a Comment

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😥😪😭😱🤭😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❤🤦‍♂️❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode


  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kakak pakai plugin pemblokir iklan ya? Tolong kecualikan website ini dalam pemblokiran ya. Karena kami butuh penghasilan dari iklan untuk terus mengelola website ini agar bisa update artikel bermanfaat. Makasih ya 😊
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.