🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Mengembangkan Profesi Seorang Guru Pendidik

Guru Pendidik sebagai komponen pendidikan dan pengajaran disekolahan harus mampu untuk mengembangkan diri semaksimal mungkin karena di dalam dunia

Rizkyblog.com – Seorang guru pendidik pastinya harus mengetahui dengan pasti kemampuan apa yang dituntutkan oleh masyarakat terhadap guru di masa sekarang bahkan yang akan datang.

Guru Pendidik sebagai komponen pendidikan dan pengajaran disekolahan harus mampu untuk mengembangkan diri semaksimal mungkin karena di dalam dunia pendidkan ini kegiatan yang penting di dalam kemajuan pendidikan ini tergantung dari atau terkait dua belah pihak yaitu guru dan siswa didiknya,

Mengembangkan Profesi Seorang Guru Pendidik

Apalagi seorang guru pendidik yang sejatinya bertugas membimbing yang mana seharusnnya mampu mengembangkan potensinnya agar sang siswa – siswi juga bisa meniru cara sang guru mengembangkan diri.

Guru Pendidik merupakan sosok paling penting dalam kemajuan pendidikan, entah apa pun niatnya, baik maupun buruk, positif maupun negatif. Terkadang semangat guru ini dalam mengajar tidak semata-mata dipengaruhi oleh uang saja. Bisa jadi ada masalah – masalah tertentu yang harus dihadapi di sekolahan atau kelas tempatnya mengajar.

Guru Pendidik yang profesional merupakan faktor penentu proses pendidikan yang berqualitas. Untuk dapat menjadi guru pendidik yang profesional, mereka harus mampu menemukan jati diri dan mengaktualisasikan diri sesuai dengan kemampuan dan kaidah – kaidah guru pendidik yang profesional, apalagi guru dalam era teknologi informasi seperti sekarang ini dan komunikasi sekarang ini bukan hanya sekadar mengajar melainkan harus menjadi manajer belajar.

Mengembangkan Profesi Seorang Guru Pendidik

Hal tersebut mengandung arti, setiap guru pendidik diharpkan mampu menciptakan kondisi belajar yang menantang kreativitas dan aktivitas pada siswanya, memotivasi murid didik, menggunakan multimedia, multimetode, dan multisumber agar mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkanknya.

Pelatihan – Pelatihan merupakan salah satu cara yang cukup yang efektif untuk mengembangkan profesionalisme guru pendidik dalam mengajar. Pelatihan untuk guru pendidik adalah pelatihan yang dilakukan oleh tenaga pendidik untuk menjadi profesional dan memaksimalkan kegiatan pembelajaran di kelasnya. Latihan ini biasanya mencakup teknik merencanakan pengajaran hingga cara meningkatkan pembelajaran yang sangat efektif.

Prioritas kegiatan pengembangan profesi guru pendidik ditekankan pada :

  • Kompetensi yang masih di bawah standar berdasarkan hasil penilaianya.
  • Kompetensi yang menurut guru pendidik perlu ditingkatkan lagi,
  • Pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang diperlukan guru pendidik untuk pengembangan karirnya.
  • Pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang diperlukan guru pendidik untuk melaksanakan tugas lain, misalnya sebagai kepala sekolah,
  • Pengetahuan, keterampilan, materi yang dibutuhkan berdasarkan Laporan evaluasi diri sekolah atau rencana tahunan pengembangannya,
  • Pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi khusus yang diminati oleh guru pendidik.

Pengembangan profesi tenaga pendidik sebagai perancang masa depan, hal yang penting adalah membangun kemandirian dikalangan tenaga pendidik sehingga dapat lebih mampu untuk mengaktualisasikan dirinya guna mewujudkan pendidikan yang berqualitas tinggi.

Mau donasi lewat mana?

BCA - Rizky Kharisma Negari (0097107746)

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
What to say about myself, I don't know. I am a simple guy since childhood, wanting to learn new things and implement new ideas. Never worry about what I don't have. What I have is the best thing.

Post a Comment

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😥😪😭😱🤭😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❤🤦‍♂️❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode


  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kakak pakai plugin pemblokir iklan ya? Tolong kecualikan website ini dalam pemblokiran ya. Karena kami butuh penghasilan dari iklan untuk terus mengelola website ini agar bisa update artikel bermanfaat. Makasih ya 😊
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.