🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Mengenal Sejarah Komputasi Awan Agar Memahaminya

Sebelum munculnya komputasi awan, terdapat komputasi Klien/Server yang pada dasarnya merupakan penyimpanan terpusat di mana semua aplikasi perangkat lunak

Pada kesempatan kali ini admin Masrizky.biz.id akan membagikan dengan Judul Mengenal Sejarah Komputasi Awan Agar Memahaminya, jangan lupa selalu simak dan bagikan kepada teman-temanya ya jika artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sejarah Komputasi Awan

Sebelum munculnya komputasi awan, terdapat komputasi Klien/Server yang pada dasarnya merupakan penyimpanan terpusat di mana semua aplikasi perangkat lunak

Sebelum munculnya komputasi awan, terdapat komputasi Klien/Server yang pada dasarnya merupakan penyimpanan terpusat di mana semua aplikasi perangkat lunak, semua data, dan semua kontrol berada di sisi server.

Jika seorang pengguna ingin mengakses data tertentu atau menjalankan suatu program, dia perlu terhubung ke server dan kemudian mendapatkan akses yang sesuai, dan kemudian dia dapat melakukan bisnisnya.

Mengenal Sejarah Komputasi Awan Agar Memahaminya

Kemudian, komputasi terdistribusi muncul, di mana semua komputer terhubung ke jaringan dan berbagi sumber daya saat dibutuhkan.

Atas dasar komputasi di atas, muncullah konsep komputasi awan yang kemudian diimplementasikan.

Sekitar tahun 1961, John MacCharty mengemukakan dalam pidatonya di MIT bahwa komputasi dapat dijual seperti sebuah utilitas, seperti air atau listrik. Itu adalah ide yang cemerlang, namun seperti semua ide cemerlang lainnya, hal ini masih jauh dari harapan, karena dalam beberapa dekade berikutnya, meskipun ada minat terhadap model tersebut, teknologinya belum siap untuk itu.

Namun tentu saja waktu telah berlalu dan teknologi menangkap gagasan tersebut dan setelah beberapa tahun kami menyebutkan bahwa:

Pada tahun 1999, Salesforce.com mulai mengirimkan aplikasi kepada pengguna menggunakan situs web sederhana. Aplikasi dikirimkan ke perusahaan melalui Internet, dan dengan cara ini impian komputasi yang dijual sebagai utilitas menjadi kenyataan.

Pada tahun 2002, Amazon memulai Amazon Web Services, menyediakan layanan seperti penyimpanan, komputasi, dan bahkan kecerdasan manusia. Namun, baru dimulai dengan peluncuran Elastic Compute Cloud pada tahun 2006, layanan komersial yang terbuka untuk semua orang sudah ada.

Pada tahun 2009, Google Apps juga mulai menyediakan aplikasi komputasi awan untuk perusahaan.

Tentu saja, semua pemain besar hadir dalam evolusi komputasi awan, ada yang lebih awal, ada yang belakangan. Pada tahun 2009, Microsoft meluncurkan Windows Azure, dan perusahaan seperti Oracle dan HP semuanya telah bergabung dalam permainan ini. Hal ini membuktikan bahwa saat ini cloud computing telah menjadi mainstream.

Mau donasi lewat mana?

BCA - Rizky Kharisma Negari (0097107746)

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
What to say about myself, I don't know. I am a simple guy since childhood, wanting to learn new things and implement new ideas. Never worry about what I don't have. What I have is the best thing.

Post a Comment

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😥😪😭😱🤭😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❤🤦‍♂️❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode


  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kakak pakai plugin pemblokir iklan ya? Tolong kecualikan website ini dalam pemblokiran ya. Karena kami butuh penghasilan dari iklan untuk terus mengelola website ini agar bisa update artikel bermanfaat. Makasih ya 😊
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.