Selamat Siang sahabat rizky blog , berjumpa lagi di blog yang sama dalam kesempatan kali ini admin akan membagikan Tips dan Tutorial dengan...
Daftar Isi [Tampil]
    JavaScript bukanlah bahasa yang dikompilasi, tetapi merupakan bahasa terjemahan. Penerjemah JavaScript

    Selamat Siang sahabat rizky blog , berjumpa lagi di blog yang sama dalam kesempatan kali ini admin akan membagikan Tips dan Tutorial dengan judul postingan Pelajari Tutorial JavaScript Bagi Pemula.

    JavaScript adalah bahasa skrip berbasis objek yang ringan dan lintas platform.

    JavaScript bukanlah bahasa yang dikompilasi, tetapi merupakan bahasa terjemahan. Penerjemah JavaScript (tertanam di browser) bertanggung jawab untuk menerjemahkan kode JavaScript untuk browser web.

    Apa itu JavaScript

    JavaScript (js) adalah bahasa pemrograman berorientasi objek ringan yang digunakan oleh beberapa situs web untuk membuat skrip halaman web. Ini adalah bahasa pemrograman lengkap dan ditafsirkan yang memungkinkan interaktivitas dinamis di situs web ketika diterapkan pada dokumen HTML. 

    Itu diperkenalkan pada tahun 1995 untuk menambahkan program ke halaman web di browser Netscape Navigator. Sejak itu, ini telah diadopsi oleh semua browser web grafis lainnya. Dengan JavaScript, pengguna dapat membangun aplikasi web modern untuk berinteraksi secara langsung tanpa harus memuat ulang halaman setiap saat. Situs web tradisional menggunakan js untuk menyediakan beberapa bentuk interaktivitas dan kesederhanaan.

    Meskipun demikian, JavaScript tidak memiliki konektivitas dengan bahasa pemrograman Java. Nama tersebut disarankan dan diberikan pada saat Java mulai populer di pasar. Selain browser web, database seperti CouchDB dan MongoDB menggunakan JavaScript sebagai bahasa skrip dan kuerinya.

    Fitur JavaScript

    Ada beberapa fitur JavaScript berikut:

    1. Semua browser web populer mendukung JavaScript karena menyediakan lingkungan eksekusi bawaan.
    2. JavaScript mengikuti sintaks dan struktur bahasa pemrograman C. Jadi, ini adalah bahasa pemrograman terstruktur.
    3. JavaScript adalah bahasa yang diketik dengan lemah, di mana tipe tertentu dilemparkan secara implisit (tergantung pada operasinya).
    4. JavaScript adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang menggunakan prototipe daripada menggunakan kelas untuk pewarisan.
    5. Ini adalah bahasa yang ringan dan dapat ditafsirkan.
    6. Ini adalah bahasa yang peka huruf besar-kecil.
    7. JavaScript didukung di beberapa sistem operasi termasuk, Windows, macOS, dll.
    8. Ini memberikan kontrol yang baik kepada pengguna melalui browser web.

    Sejarah JavaScript

    Pada tahun 1993, Musa, browser web populer pertama, muncul. Pada tahun 1994, Netscape didirikan oleh Marc Andreessen. Dia menyadari bahwa web perlu menjadi lebih dinamis. 

    Oleh karena itu, 'bahasa lem' diyakini diberikan pada HTML untuk membuat perancangan web mudah bagi para desainer dan pemrogram paruh waktu. Akibatnya, pada tahun 1995, perusahaan merekrut Brendan Eich dengan tujuan untuk mengimplementasikan dan menanamkan bahasa pemrograman Skema ke browser. Namun, sebelum Brendan dapat memulai, perusahaan tersebut bergabung dengan Sun Microsystems untuk menambahkan Java ke dalam Navigatornya sehingga dapat bersaing dengan Microsoft melalui teknologi dan platform web. Sekarang, ada dua bahasa: 

    Java dan bahasa scripting. Selanjutnya, Netscape memutuskan untuk memberikan nama yang mirip dengan bahasa scripting seperti Java. Itu mengarah ke 'Javascript'. Akhirnya pada bulan Mei 1995, Marc Andreessen menciptakan kode Javascript pertama yang diberi nama 'Mocha'. Belakangan, tim pemasaran mengganti namanya dengan 'LiveScript'. Namun, karena alasan merek dagang dan alasan tertentu lainnya, pada bulan Desember 1995, bahasa tersebut akhirnya berganti nama menjadi 'JavaScript'. Sejak saat itu, JavaScript muncul.

    Penerapan JavaScript

    • JavaScript digunakan untuk membuat situs web interaktif. Hal ini terutama digunakan untuk:
    • Validasi sisi klien,
    • Menu tarik-turun dinamis,
    • Menampilkan tanggal dan waktu,
    • Menampilkan jendela pop-up dan kotak dialog (seperti kotak dialog peringatan, kotak dialog konfirmasi, dan kotak dialog prompt),
    • Menampilkan jam dll.

    Contoh JavaScript


    Penjelasan rinci tentang contoh JavaScript pertama diberikan di bab berikutnya.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Pelajari Tutorial JavaScript Bagi Pemula” ini bermanfaat, Dibantu SHARE kepada teman-teman yang lain.
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat Kang Rizky, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    BCA : 0097107746
    Dana : 0859106622156
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done
    Web Portofolio Murah
    Web Portofolio Murah

    Hanya hari ini harga web portofolio cuma 100.000!.