🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Tutorial Xampp Baik Pemula dan Profesional

Masrizky.biz.id – XAMPP adalah salah satu server web lintas platform yang banyak digunakan, yang membantu pengembang membuat dan menguji program mereka di server web lokal. dikembangkan oleh Apache Friends, dan kode sumber aslinya dapat direvisi atau dimodifikasi oleh audiens.

Ini terdiri dari Apache HTTP Server, MariaDB, dan juru bahasa untuk berbagai bahasa pemrograman seperti PHP dan Perl. Ini tersedia dalam 11 bahasa dan didukung oleh berbagai platform seperti paket IA-32 pada Windows & paket x64 pada macOS dan Linux.

Tutorial Xampp Baik Pemula dan Profesional

XAMPP adalah salah satu server web lintas platform yang banyak digunakan, yang membantu pengembang membuat dan menguji program mereka di server web

Apa itu XAMPP?

XAMPP adalah singkatan dimana X adalah singkatan dari Cross-Platform, A adalah singkatan dari Apache, M adalah singkatan dari MYSQL, dan Ps adalah singkatan dari PHP dan Perl. Ini adalah paket solusi web sumber terbuka yang mencakup distribusi Apache untuk banyak server dan executable baris perintah bersama dengan modul seperti server Apache, MariaDB, PHP, dan Perl.

XAMPP membantu host atau server lokal untuk menguji situs web dan kliennya melalui komputer dan laptop sebelum dirilis ke server utama. Ini adalah platform yang menyediakan lingkungan yang sesuai untuk menguji dan memverifikasi kerja proyek berdasarkan Apache, Perl, database MySQL, dan PHP melalui sistem host itu sendiri.

Di antara teknologi-teknologi ini, Perl adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengembangan web, PHP adalah bahasa skrip backend, dan MariaDB adalah database yang paling banyak digunakan yang dikembangkan oleh MySQL. Penjelasan rinci tentang komponen-komponen ini diberikan di bawah ini.

Komponen XAMPP

Seperti yang didefinisikan sebelumnya, XAMPP digunakan untuk melambangkan klasifikasi solusi untuk berbagai teknologi. Ini memberikan dasar untuk pengujian proyek berdasarkan teknologi yang berbeda melalui server pribadi. XAMPP merupakan bentuk singkatan dari setiap alfabet yang mewakili setiap komponen utamanya. Kumpulan perangkat lunak ini berisi server web bernama Apache, sistem manajemen basis data bernama MariaDB dan bahasa scripting/pemrograman seperti PHP dan Perl. X berarti Cross-platform, artinya dapat bekerja pada berbagai platform seperti Windows, Linux, dan macOS.

Tutorial Xampp Baik Pemula dan Profesional

Banyak komponen lain yang juga merupakan bagian dari kumpulan perangkat lunak ini dan dijelaskan di bawah.
  • Lintas Platform: Sistem lokal yang berbeda memiliki konfigurasi sistem operasi yang berbeda yang diinstal di dalamnya. Komponen lintas platform telah disertakan untuk meningkatkan utilitas dan audiens paket distribusi Apache ini. Ini mendukung berbagai platform seperti paket Windows, Linus, dan MAC OS.
  • Apache: Ini adalah HTTP server web lintas platform. Ini digunakan di seluruh dunia untuk mengirimkan konten web. Aplikasi server ini dibuat gratis untuk instalasi dan digunakan untuk komunitas pengembang di bawah naungan Apache Software Foundation.
Server jarak jauh Apache mengirimkan file, gambar, dan dokumen lain yang diminta kepada pengguna.

  • MariaDB: Awalnya MySQL DBMS adalah bagian dari XAMPP, tetapi sekarang telah digantikan oleh MariaDB. Ini adalah salah satu DBMS relasional yang paling banyak digunakan, dikembangkan oleh MySQL. Ia menawarkan layanan online penyimpanan data, manipulasi, pengambilan, pengaturan, dan penghapusan.
  • PHP: Ini adalah bahasa skrip backend yang terutama digunakan untuk pengembangan web. PHP memungkinkan pengguna untuk membuat situs web dan aplikasi dinamis. Itu dapat diinstal pada setiap platform dan mendukung berbagai sistem manajemen basis data. Itu diimplementasikan menggunakan bahasa C. PHP adalah singkatan dari Hypertext Processor. Dikatakan berasal dari alat Personal Home Page, yang menjelaskan kesederhanaan dan fungsinya.
  • Perl: Merupakan kombinasi dari dua bahasa dinamis tingkat tinggi, yaitu Perl 5 dan Perl 6. Perl dapat diterapkan untuk mencari solusi masalah berdasarkan administrasi sistem, pengembangan web, dan jaringan. Perl memungkinkan penggunanya memprogram aplikasi web dinamis. Ini sangat fleksibel dan kuat.
  • phpMyAdmin: Ini adalah alat yang digunakan untuk menangani MariaDB. Versi 4.0.4 saat ini digunakan di XAMPP. Administrasi DBMS adalah peran utamanya.
  • OpenSSL: Ini adalah implementasi sumber terbuka dari Secure Socket Layer Protocol dan Transport Layer Protocol. Saat ini versi 0.9.8 merupakan bagian dari XAMPP.
  • Panel Kontrol XAMPP: Ini adalah panel yang membantu mengoperasikan dan mengatur komponen XAMPP lainnya. Versi 3.2.1 merupakan update terkini. Penjelasan rinci tentang panel kontrol akan dilakukan di bagian tutorial berikutnya.
  • Webalizer: Ini adalah solusi perangkat lunak Analisis Web yang digunakan untuk log Pengguna dan memberikan detail tentang penggunaannya.
  • Merkuri: Ini adalah sistem transportasi surat, dan versi terbarunya adalah 4.62. Ini adalah server email, yang membantu mengelola email di seluruh web.
  • Tomcat: Versi 7.0.42 saat ini digunakan di XAMPP. Ini adalah servlet berbasis JAVA untuk menyediakan fungsionalitas JAVA.
  • Filezilla: Ini adalah Server Protokol Transfer File, yang mendukung dan memudahkan operasi transfer yang dilakukan pada file. Versi yang baru diperbarui adalah 0.9.41.

Dukungan Format XAMPP

XAMPP didukung dalam tiga format file:
  1. .EXE- Ini adalah ekstensi yang digunakan untuk menunjukkan file yang dapat dieksekusi sehingga dapat diakses untuk diinstal karena file yang dapat dieksekusi dapat dijalankan di komputer seperti program normal lainnya.
  2. .7z – file 7zip- Ekstensi ini digunakan untuk menunjukkan file terkompresi yang mendukung beberapa algoritma kompresi dan enkripsi data. Ini lebih disukai oleh seorang formalis, meskipun memerlukan pengerjaan dengan file yang lebih kompleks.
  3. .ZIP- Ekstensi ini mendukung kompresi file lossless. File zip mungkin berisi beberapa file terkompresi. Algoritme Deflate terutama digunakan untuk mengompresi file yang didukung oleh format ini.
File .ZIP cukup rumit untuk diinstal dibandingkan dengan .EXE
Jadi .EXE adalah format yang paling mudah untuk diinstal, sedangkan dua format lainnya cukup rumit dan rumit untuk diinstal.

Mau donasi lewat mana?

BCA - Rizky Kharisma Negari (0097107746)

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
What to say about myself, I don't know. I am a simple guy since childhood, wanting to learn new things and implement new ideas. Never worry about what I don't have. What I have is the best thing.

Post a Comment

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😥😪😭😱🤭😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❤🤦‍♂️❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode


  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kakak pakai plugin pemblokir iklan ya? Tolong kecualikan website ini dalam pemblokiran ya. Karena kami butuh penghasilan dari iklan untuk terus mengelola website ini agar bisa update artikel bermanfaat. Makasih ya 😊
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.