Selamat malam sahabat rizky blog , berjumpa lagi di blog yang sama dalam kesempatan kali ini admin akan membagikan Informasi Tips Dan trick ...
Daftar Isi [Tampil]
    kita akan membahas apa saja errornya, apakah Anda perlu memperbaikinya atau tidak, di mana menemukan halaman yang error di dashboard GSC Anda

    Selamat malam sahabat rizky blog, berjumpa lagi di blog yang sama dalam kesempatan kali ini admin akan membagikan Informasi Tips Dan trick dengan judul postingan Cara Memperbaiki Kesalahan URL Tidak Ditemukan 404 di Google Search Console.

    Untuk melanjutkan rangkaian kami, yang berfokus pada kesalahan pengindeksan halaman Google Search Console, hari ini kami akan berkonsentrasi pada kesalahan URL yang Dikirim Tidak Ditemukan (404), yang sangat umum terjadi dalam laporan pengindeksan halaman di banyak situs web.

    Pada artikel ini, kita akan membahas apa saja errornya, apakah Anda perlu memperbaikinya atau tidak, di mana menemukan halaman yang error di dashboard GSC Anda dan, tentu saja, cara memperbaiki error 404 di halaman website Anda.

    Apa itu Kesalahan 404 Tidak Ditemukan?

    Singkatnya, kesalahan URL yang Dikirim Tidak Ditemukan (404) yang ditemukan di Google Search Console berarti Googlebot telah mencoba merayapi laman yang, secara teknis, tidak ada. Ia telah mencoba menuju ke URL yang tidak dapat ditemukan di situs web Anda, sehingga ia menganggapnya tidak ada.

    Mari kita lihat bagaimana Google menemukan URL yang akhirnya berakhir di SERP. Untuk melakukan hal ini secara efektif, mereka harus dapat menemukan URL untuk merayapinya. Dari sana, mereka harus mampu merendernya. Kemudian, mereka perlu mengindeksnya. Dan terakhir, mereka perlu memberi peringkat pada mereka.

    Jika Googlebot mencoba mengakses URL yang "tidak ada", maka tidak ada mekanisme lain dalam struktur ini yang akan berfungsi, dan URL Anda tidak akan masuk ke SERP.

    Apa Penyebab Kesalahan URL yang Dikirim Tidak Ditemukan (404)?

    Saat kami melihat penyebab kesalahan ini, ada beberapa kemungkinan penyebab yang berbeda.

    Anda mungkin melihat kesalahan ini karena halaman di situs web Anda telah dipindahkan ke folder lain atau tempat lain di situs web Anda, dan pengalihan masih perlu dilakukan. 

    Anda mungkin salah mengetik URL di suatu tempat di situs web atau dalam peta situs Anda, dan Googlebot mencoba mengakses URL yang salah ini. Bisa juga karena laman di situs web Anda yang coba dikunjungi Googlebot telah dihapus, dan perubahan ini masih perlu terlihat melalui peta situs situs web Anda.

    Apakah Saya Perlu Memperbaiki Kesalahan 404?

    Untuk memberikan jawaban singkat... Tidak. Anda tidak perlu memperbaiki kesalahan 404 yang muncul di situs web Anda. Google mengatakan, melalui blog pengembangan mereka , bahwa kesalahan 404 adalah bagian normal dari World Wide Web. Hal ini diharapkan terjadi saat konten baru dibuat, konten dipindahkan dari satu tempat di situs web ke tempat lain, dan konten dihapus.

    Namun, ada alasan lain mengapa Anda ingin memperbaiki kesalahan 404 yang muncul di situs web Anda.

    Mengatasi kesalahan 404 sangat penting untuk memberikan pengalaman penelusuran yang lancar, baik bagi bot mesin pencari maupun pengguna di situs web Anda. 

    Pengguna yang sering mengalami kesalahan ini mungkin menjadi frustrasi, sehingga berdampak negatif terhadap pandangan mereka terhadap situs Anda dan meningkatkan kemungkinan mereka untuk keluar dari situs Anda. 

    Situs web yang terpelihara dengan baik, tanpa gangguan ini, akan mendorong pengunjung untuk tinggal lebih lama dan terlibat dengan situs Anda lebih dalam.

    Selain itu, memiliki banyak kesalahan 404 di situs web Anda dapat memengaruhi peringkat mesin telusur Anda secara signifikan karena kesalahan tersebut merupakan sinyal, meskipun hanya sinyal kecil, bagi mesin telusur tentang situs web yang berpotensi terabaikan atau ketinggalan jaman.

    Memperbaiki masalah ini tidak hanya membantu mempertahankan audiens yang ada, tetapi juga memainkan peran penting dalam mendatangkan pengguna baru ke situs web Anda. Ini juga membantu memastikan bahwa ekuitas tautan yang diperoleh dengan susah payah di situs Anda digunakan dengan baik dan peluang konversi dimaksimalkan.

    Di mana Menemukan Halaman dengan Kesalahan URL yang Dikirim Tidak Ditemukan (404).

    Untungnya, menemukan halaman dengan kesalahan 404 di situs Anda adalah tugas yang relatif mudah di Google Search Console.

    Pertama, buka dasbor Anda dan klik tautan Halaman di bagian Pengindeksan Anda di bilah alat sebelah kiri dasbor Google Search Console Anda:

    Google Search Console Anda

    Setelah Anda mengklik di sini, Anda akan melihat Laporan Pengindeksan Halaman Anda ditampilkan di Google Search Console:
    Google Search Console Anda

    Gulir ke bawah pada halaman ini, dan Anda akan dapat menemukan semua alasan berbeda mengapa halaman tidak diindeks. Jika situs Anda terkena dampak kesalahan 404, itu akan ditampilkan di sini:
    dampak kesalahan 404

    Klik di sini, dan Anda akan disambut dengan daftar semua laman di situs web Anda yang telah coba dirayapi Googlebot tetapi menyadari bahwa URL/laman tersebut tidak ada karena alasan apa pun.

    Cara Memperbaiki Halaman dengan Error 404

    Secara umum, memperbaiki kesalahan URL Tidak Ditemukan (404) yang muncul di situs web Anda relatif mudah. Di bagian terakhir ini, kita akan mempelajari cara mengatasi kesalahan ini di situs Anda.

    Identifikasi Semua Halaman 404

    Pertama-tama Anda harus mengidentifikasi semua halaman di situs web Anda yang diidentifikasi Google memiliki kesalahan URL Tidak Ditemukan (404). Anda dapat melakukannya dengan mudah menggunakan Google Search Console, menggunakan langkah-langkah yang kami uraikan di atas.

    Ringkasnya... Buka dasbor Google Search Console Anda, temukan Laporan Pengindeksan Halaman Anda, klik bagian Tidak Ditemukan (404) dan unduh URL ini sehingga Anda dapat kembali lagi nanti.

    Tentukan Penyebabnya

    Langkah selanjutnya adalah menentukan apa sebenarnya penyebab terjadinya error URL Not Found (404) pada setiap URL. Dalam kebanyakan kasus, kesalahan ini terjadi karena halaman telah dihapus, halaman telah dipindahkan tanpa dilakukan pengalihan , atau URL telah salah ketik di suatu tempat dalam konten situs web Anda.

    Perbaiki Masalahnya

    Langkah selanjutnya adalah memperbaiki masalah yang menyebabkan kesalahan 404 ini muncul di Google Search Console.

    Jika halaman tersebut telah dihapus dan belum dihapus dari peta situs situs web Anda , Anda perlu memutuskan apakah halaman ini penting untuk situs web Anda dan apakah halaman tersebut harus diberi peringkat di SERP atau tidak. 

    Jika tidak, Anda dapat melanjutkan dan menghapusnya dari peta situs Anda, lalu meminta Google untuk merayapi ulang peta situs ini. Jika menurut Anda halaman tersebut penting, ada baiknya memulihkannya lalu meminta Google untuk merayapi ulang peta situs di situs web Anda.

    Jika ternyata Anda salah mengetik URL dalam konten situs web Anda dan ini adalah penyebab kesalahan 404 tertentu, Anda harus memperbaiki kesalahan ketik ini dan kemudian meminta Google untuk merayapi ulang laman tempat kesalahan ejaan pertama kali terjadi.

    Jika halaman di situs web Anda telah dipindahkan tanpa dilakukan pengalihan, cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan pengalihan. 

    Anda dapat menerapkan pengalihan 301 jika halaman telah dipindahkan secara permanen, atau Anda dapat menerapkan pengalihan 302 jika halaman hanya dipindahkan dalam waktu singkat.

    Tambahan: Tingkatkan Pengalaman Pengguna Situs Web Anda

    Jika Anda tidak memiliki Halaman 404 khusus yang ditampilkan di situs web Anda, disarankan untuk membuat salah satu halaman ini dan menampilkannya kepada pengguna setiap kali mereka mencoba memasuki halaman yang menampilkan kode status 404.

    Ini belum tentu membantu kinerja SEO situs web Anda. Tapi itu akan membantu pengalaman pengguna Anda. Pengguna akan dapat menavigasi ke halaman lain di situs Anda jika mereka menemukan kesalahan 404 daripada kembali ke Google.

    Anda mungkin menemukan bahwa melakukan hal ini berdampak tidak langsung pada SEO Anda. Jika pengguna mendapatkan pengalaman yang baik di situs web Anda dan tidak kembali ke SERP, Google mungkin melihat situs Anda lebih relevan dan dapat meningkatkannya di kata kunci dan kueri lainnya.

    Pantau Hasil Seiring Waktu

    Disarankan juga untuk memantau hasil ini dari waktu ke waktu, menggunakan alat seperti Google Search Console, untuk terus mengetahui kesalahan 404 baru yang muncul di situs web Anda. Ini sangat penting terutama jika Anda menjalankan situs web yang banyak berubah setiap hari.

    Kesimpulannya, mengelola kesalahan 404 secara efektif di Google Search Console sangat penting untuk pengalaman pengguna yang lancar dan kinerja SEO yang solid. 

    Meskipun tidak penting bagi Google, kesalahan ini dapat memengaruhi kepuasan pengguna dan peringkat mesin pencari. Mengidentifikasi, mendiagnosis, dan memperbaiki kesalahan 404 secara rutin, ditambah dengan memantau kesalahan baru, merupakan langkah penting dalam pemeliharaan situs web. 

    Halaman 404 khusus juga dapat meningkatkan keterlibatan pengguna, sehingga secara tidak langsung menguntungkan SEO. Tetap proaktif dalam kesehatan situs web Anda untuk mencapai hasil yang optimal.

    Apakah Anda ingin memanfaatkan data Google Search Console dengan lebih baik? Kami di SEOTesting menyimpan data jauh melampaui batas 16 bulan yang diberlakukan GSC pada akun Anda, dan kami telah membuat berbagai laporan bermanfaat untuk membantu Anda mendatangkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda. 

    Saat ini kami menjalankan uji coba gratis selama 14 hari, tanpa memerlukan kartu kredit, jadi daftarlah sekarang.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Cara Memperbaiki Kesalahan URL Tidak Ditemukan 404 di Google Search Console” ini bermanfaat, Dibantu SHARE kepada teman-teman yang lain.

    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat Kang Rizky, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    BCA : 0097107746
    Dana : 0859106622156
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done
    Web Portofolio Murah
    Web Portofolio Murah

    Hanya hari ini harga web portofolio cuma 100.000!.