🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Tantangan Penerapan Kurikulum 2024

Tidak selalu berjalan lancar, ternyata tantangan penerapan kurikulum 2024 berbasis Merdeka masih cukup menonjol

Selamat Siang sahabat rizky blog, berjumpa lagi di blog yang sama dalam kesempatan kali ini admin akan membagikan Informasi Terkait Tantangan Penerapan Kurikulum 2024.

Tidak selalu berjalan lancar, ternyata tantangan penerapan kurikulum 2024 berbasis Merdeka masih cukup menonjol. Tentunya harus menjadi evaluasi di tahun depan agar tidak mengganggu proses adaptasi belajar. Tantangan ini bukan berarti menjadi penghambat, namun sebaiknya menjadi perbaikan di masa depan.

Selain itu, kekurangan lainnya adalah adanya pandangan orangtua yang menilai anak-anak lebih banyak bermain daripada belajar. Dalam hal ini seharusnya pemerintah juga memberikan edukasi terkait metode belajar baru yang ada di kurikulum Merdeka kepada orangtua.

Tantangan Penerapan Kurikulum 2024

Lalu, apa saja tantangan penerapan kurikulum 2024 yang terlihat di tahun ini? Berikut ini adalah beberapa tantangan sekaligus menjadi poin evaluasi untuk memperbaiki sistem pendidikan kurikulum Merdeka menjadi lebih baik lagi.

Kekurangan Sumber Daya Guru Berkompetisi

Salah satu tantangan utama yang dihadapi dalam penerapan Kurikulum 2024 adalah kekurangan sumber daya manusia yang berkualitas. Guru yang kompeten memiliki peran penting dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan efektif dan menginspirasi para siswa. Sayangnya, di berbagai daerah, masih terlihat kekurangan guru yang memenuhi kriteria kompetisi yang diinginkan.

Penyebab dari kekurangan ini bisa bermacam-macam, mulai dari keterbatasan fasilitas pelatihan untuk guru hingga kurangnya insentif yang memotivasi para calon guru untuk meningkatkan kualifikasi mereka. Pemerintah dan stakeholder terkait perlu bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan profesionalisme guru, termasuk pelatihan dan insentif yang memadai.

Kekurangan Sarana dan Prasana

Tidak dapat dipungkiri bahwa sarana dan prasarana yang memadai menjadi faktor krusial dalam menjamin efektivitas dan kualitas pembelajaran. Dalam beberapa kasus, sekolah-sekolah masih menghadapi kendala dalam menyediakan fasilitas yang memadai, seperti laboratorium, perpustakaan, dan akses internet.

Ini tentu menjadi tantangan penerapan Kurikulum 2024 yang menekankan pada pembelajaran berbasis teknologi dan eksplorasi ilmiah. Pemerintah perlu meningkatkan alokasi anggaran untuk infrastruktur pendidikan, memastikan bahwa setiap sekolah memiliki akses ke sarana dan prasarana yang memadai.

Sulit Menerapkan Pembelajaran Dua Arah

Beberapa guru mungkin masih terbiasa dengan pendekatan tradisional, sementara siswa perlu beradaptasi dengan gaya belajar yang lebih mandiri. Pendidikan guru dan siswa mengenai metodologi pembelajaran baru perlu ditingkatkan.

Pemerintah dan lembaga pendidikan harus menyediakan pelatihan yang cukup untuk membantu guru memahami dan menerapkan pembelajaran dua arah. Di samping itu, pembinaan yang bersifat dinamis akan membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan berdaya.

Kesulitan Beradaptasi Terhadap Sistem Mata Pelajaran di Kurikulum Merdeka

Pemerintah dan lembaga terkait perlu memberikan dukungan dan sumber daya yang cukup untuk membantu guru dan siswa beradaptasi. Program pelatihan dan bimbingan individual dapat menjadi solusi untuk memastikan bahwa para pelaku pendidikan dapat dengan cepat mengintegrasikan perubahan dalam sistem mata pelajaran.

Nah, itulah tantangan penerapan kurikulum 2024 yang akan mulai memberlakukan sistem pendidikan Merdeka di seluruh sekolah di Indonesia. Tantangan di atas sekaligus menjadi poin evaluasi untuk meningkatkan kapabilitas sekolah untuk mencerdaskan anak bangsa. Kurikulum Merdeka juga dinilai sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat ya sahabat.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Tantangan Penerapan Kurikulum 2024” ini bermanfaat, Dibantu SHARE kepada teman-teman yang lain.

Mau donasi lewat mana?

BCA - Rizky Kharisma Negari (0097107746)

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
What to say about myself, I don't know. I am a simple guy since childhood, wanting to learn new things and implement new ideas. Never worry about what I don't have. What I have is the best thing.

Post a Comment

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😥😪😭😱🤭😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❤🤦‍♂️❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode


  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kakak pakai plugin pemblokir iklan ya? Tolong kecualikan website ini dalam pemblokiran ya. Karena kami butuh penghasilan dari iklan untuk terus mengelola website ini agar bisa update artikel bermanfaat. Makasih ya 😊
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.