🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Ternyata Kekurangan Template Median UI Versi 1.5 Banyak Bugsnya

Template Blogger Median UI versi 1.5 yang sedang populer saat ini ternyata memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan yang bisa merugikan pemakainya

Selamat malam sahabat rizky blog, berjumpa lagi di blog yang sama dalam kesempatan kali ini admin akan membagikan seputar tentang Kekurangan Template Median UI Versi 1.5 Banyak Bugsnya.

Template Blogger Median UI versi 1.5 yang sedang populer saat ini ternyata memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan yang bisa merugikan pemakainya. Apa saja kekurangan tersebut dan apa dampaknya bagi pengguna template ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Kekurangan Template Median 1.5

1. Bug Pada Tampilan Gambar

Saat kita memposting gambar dengan ukuran Original (Ukuran Asli), pada tampilan Mobile terlihat baik-baik saja. Namun ketika dibuka menggunakan tampilan Desktop. Ternyata pada gambar pertamanya blog menjadi tidak presisi di Tengah jadi kurang menarik, melainkan pada halaman keluar dari tepi postingan sebelah kanan.

Padahal ukuran asli gambar sangat diperlukan ketika kita ingin gambar paling atas artikel memenuhi sudut-sudut postingan agar terlihat rapi dan profesional.

Admin sendiri sudah mendiskusikan hal ini kepada pembuat templatenya, tapi tidak ada solusi dari pihak developer mengenai masalah ini. Sehingga, admin harus menemukan sendiri jalan penyelesainnya dengan menambahkan beberapa kode CSS di dalam templatenya si median ui.

2. Bug Pada Posisi Lama Membaca

  • Ada banyak hal yang admin edit di template Median UI versi 1.5, beberapa diantaranya:
  • Icon darkmode (mode gelap / malam)
  • Profile penulis ditampilkan pada postingan juga
  • Header dijadikan sticky (fixed) pada tampilan mobile jadi kalau di scroll tetap terlihat
  • Header di tambah garis pembatas dan bayang agar terpisah dari artikel
  • Judul artikel jadi rata tengah (center)

Tapi mungkin 5 hal di atas hanyalah berhubungan dengan selera saja sih, karena setiap orang bebas memilih mana yang mereka suka. Tapi ada satu hal yang menurut admin kurang enak untuk di lihat yaitu posisi Minute Read yang berdampingan dengan tanggal. Lihat tanda panah (Sebelum dan sesudah di edit):

Admin memperhatikan banyak website besar meletakkan “tanggal” dan “lama membaca” terpisah, alias rata kiri kanan (justify), makanya admin rubah lagi bagian ini agar lebih rapi dan presisi dengan nama penulis dan tombol share biar enak gitu dipandang.

3. Bug Pada Iklan Google Adsense

Google Addsense adalah ladang bagi para Blogger untuk menghasilkan cuan. Tapi bagaimana jadinya jika ladang tersebut terusik oleh sebuah templatenya jadi pusing juga kan?

Ya, template Median UI versi 1.5 berdampak buruk penghasilan Google Adsense, kenapa? Karena template ini tidak bisa menggunakan ukuran iklan 300×600 dan 336×280 pada tampilan versi mobilenya.

Semua ukuran iklan pada tampilan HP akan diubah oleh template ini menjadi ukuran responsif. Kalau di cek melalui Inspect halaman, semua kode iklan akan di paksa menjadi ukuran height:auto!important. Hal ini bisa berakibat menurunkan penghasilan iklan seperti yang sudah saya alami saat ini.

Ukuran iklan 300×600 sangat cocok digunakan pada widget sebelah kanan, tengah artikel, dan pada halaman safelink. Karena ukuran iklan 300×600 memiliki keunikan tersendiri yang bisa memancing pengguna untuk mengkliknya. Tapi sayang, Median UI 1.5 versi Mobile tidak bisa memunculkan iklan ini.


Saya juga sudah berkonsultasi dengan pemilik template, tapi tidak ada solusi lain kecuali disuruh pakai iklan responsif saja.

4. Bug Pada Widget Popular Post

Memodifikasi tampilan blog sesuai dengan yang kita inginkan sangat penting dilakukan, karena masing-masing diantara kita pasti tahu bahwa pengunjung kita memiliki kebiasaan-kebiasaan tertentu.

Sebagai contoh pengunjung blog saya. Mereka lebih suka mengunjungi postingan yang ada gambar thumbnailnya dibanding hanya berupa judul saja.

Nah, kelemahan dari template Median UI 1.5 berikut ini terletak pada gambar thumbnail pada widget Popular Post.

Saat kita mengaktifkan gambar Popular Post, yang tampil hanya satu gambar paling atas. Sementara urutan kedua, ketiga, dan selanjutnya tidak memiliki gambar.

Saya sudah berusaha mengedit bagian ini. Tapi ternyata sangat sulit dan kodenya berbeda dari script yang beredar di Google.

5. Bug Pada Related Post

Related Post seringkali berada pada akhir artikel blog. Biasanya Related Post menampilkan postingan yang berhubungan dengan label atau kategori artikel yang sendang kita baca.

Berdasarkan pengalaman saya, tampilan Related Post yang baik adalah yang bisa terlihat sepenuhnya sehingga lebih mengedepankan prinsip Eye Catching.

Masalahnya, Template Median UI 1.5 ini menggunakan Related Post berbentuk scroll ke kanan. Hal ini membuat pengunjung banyak kerjaan dan sulit menarik keinginan baca para pengunjung. Sehingga berdampak pada jumlah kunjungan atau Page View Blog.

6. Bug Pada Tabel


Semua tampilan tabel pada postingan sebelumnya akan berantakan setelah pakai template Median UI 1.5. Padahal sebelumnya saya membuat template pakai Table Generator.

Selain itu iklan Google Adsense jika masuk ke dalam tabel akan merusak tampilan tabel yang sudah kita buat.

7. Bug Pada Header Mobile

Meskipun Median UI versi 1.5 di update pada tahun 2021 yang lalu, tapi sangat di sayangkan sekali, header versi mobile nya belum menggunakan sticky header. Padahal rata-rata website besar sudah menerapkan header sticky agar logo dan menu navigasi terlihat rapih.

8. Bug Pada Lazyload / Lazysize

Seperti yang sahabat tahu, Lazyload atau Lazysize berfungsi untuk menunda gambar agar tulisan pada Blog muncul terlebih dahulu dan gambar baru akan muncul setelah sahabat scroll pada halamannya.

Lazyload ini tentu sangat membantu mempercepat loading Blognya sehingga meningkatkan performa dari Blog sahabat punya. Tapi faktanya, Lazyload atau Lazysize yang pasang di template bawaan Median UI sangat tidak berguna sekali.

Coba sahabat lihat grafik berikut ini, admin tes pakai Measure (web.dev) terlihat banyak catatan yang berhubungan dengan efisiensi gambar yang menjadi petanda bahwa lazyload tidak maksimal atau malah tidak berfungsi dengan baik.

Selain itu pengecekan langsung juga bisa dilihat secara gamblang dengan cara membuka Blog kita, jika gambar langsung terbuka walaupun kita belum scroll ke bawah, maka lazyloadnya tidak berfungsi dengan baik atau kemunginan lazyloadnya hanya untuk memuat page lainnya saja hanya filing sih.

Berbeda halnya jika Lazyload / Lazysize bawaan dari template Median UI kita hapus semua lalu ganti dengan Lazyload dari admin.

Maka peringatan dari speed test Measure (web.dev) dan Pagespeed Insight akan berkurang serta skor kecepatan akan bertambah menjadi seperti ini.

Namun, tugas kita belum selesai. Karena terdapat gambar author dan relatedpost jadi tidak muncul meski sudah di scroll-scroll, karena code dari Median UI versi 1.5 ini berbeda dari template biasa. Jadi, kita harus merubahnya lagi pada bagian lain lagi.

Sampai saat ini admin masih mencari cara untuk memperbaiki template ini, begitu semuanya sudah fix. admin akan bagikan tutorial memperbaiki template Median UI agar lebih sempurna lagi ya.

Kesimpulan

Meskipun score Performance, Accesibility, Best Practices, dan SEO template pada Median UI 1.5 tergolong tinggi dan bagus. Tapi ternyata terdapat banyak kekurangan yang harus diperbaiki lagi ya sahabat.

Ditambah lagi dengan tidak ada jaminan untuk penghasilan kita jadi tambah naik jika score tinggi tapi tidak ramah terhadap ukuran pda iklannya. Justru itu sangat menurun dibanding menggunakan template biasa.

Selain itu, juga template Median UI versi 1.5 ini tidak cocok untuk halaman seperti Safelink, karena tidak bisa menggunakan ukuran iklan yang kita inginkan yang bisa mendongkrak penghasilan adsenya.

Jadi, setelah kita membeli template ini, tugas kita belum selesai, karena masih ada banyak script dan kode yang harus di perbaikinya lagi agar lebih maksimal. Cek di sini Solusi bugs pada Median UInya

Disclaimer

Pada postingan ini admin rizkyblog.com tidak bermaksud untuk menjelekkan template Median UI 1.5 karena admin sendiri sudah membicarakan keluhan ini ke pembuat template langsung. Postingan ini dimaksud agar pembuat template bisa memperbaiki kekurangannya, kelemahan, atau bugs yang ada. Sehingga bisa menghasilkan template blogger yang terbaik diindonesia.

Sebetulnya kelebihan template Median UI 1.5 juga banyak. Tetapi, postingan ini berfokus pada kelemahannya saja ya jadi jangan sampai salah paham. Mungkin untuk pembahasan kelebihannya akan dibahas pada kesempatan berikutnya soalnya sudah Lelah sekali adminya hehehe.

Terakhir, postingan yang admin bikin ini bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli template lain agar memastikan beberapa fitur penting seperti tampilannya, keberagaman ukuran iklannya yang di dukung, kecepatan, dan user friendlynya ya okeh.

Mau donasi lewat mana?

BCA - Rizky Kharisma Negari (0097107746)

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
What to say about myself, I don't know. I am a simple guy since childhood, wanting to learn new things and implement new ideas. Never worry about what I don't have. What I have is the best thing.

Post a Comment

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😥😪😭😱🤭😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❤🤦‍♂️❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode


  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kakak pakai plugin pemblokir iklan ya? Tolong kecualikan website ini dalam pemblokiran ya. Karena kami butuh penghasilan dari iklan untuk terus mengelola website ini agar bisa update artikel bermanfaat. Makasih ya 😊
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.